Apa Itu Website? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Tahukah anda apa itu website? Dan apakah penting memiliki website di era sekarang? Tentu website memberi banyak sekali benefit bagi siapa saja yang memilikinya. Namun, sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang manfaat website, mari ketahui dahulu tentang pengertian website dan fungsinya berikut ini.

Apa Itu Website?

Apa itu Website, Ini Pengertiannya

Website merupakan media online yang dapat diakses melalui internet dan digunakan untuk berbagai keperluan. Pada website terdapat istilah domain yang bisa diakses oleh orang di seluruh dunia. Website terdiri atas beberapa macam dengan kegunaan yang berbeda-beda. Apa saja itu?

Macam macam Website dan Pengertiannya

Website terbagi atas beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut macam macam dan pengertian website beserta fungsinya yang harus anda ketahui :

1. Company Profile

Company Profile merupakan situs yang sifatnya statis. Biasanya ditampilkan oleh perusahaan atau organisasi yang mencakup  nama perusahaan/organisasi, visi misi, produk, halaman kontak dan lain sebagainya dengan desain yang menarik. Ada banyak manfaat website company Profile yang bisa didapatkan jika anda menggunakannya, salah satunya kesan profesionalitas menjadi jauh lebih nyata.

2. Government

Sesuai dengan namanya, website ini dimiliki oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Ditandai dengan domain .go.id dan menampilkan Tentang struktur dan peraturan pemerintah seperti perbup (peraturan bupati), pergub (peraturan gubernur), permen (peraturan menteri), dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. E-commerce

Apa itu website e-commerce? Website ini merupakan situs yang menyajikan fitur jual beli bagi penggunanya. Kegunaannya memang untuk keperluan bisnis seperti jual beli produk ataupun jasa. Di Indonesia ada banyak sekali contoh website seperti ini diantaranya yaitu Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Portal Berita

Pengertian website berita atau portal berita adalah kumpulan informasi berupa artikel berita, opini, teknologi, dan lain sebagainya. Isi website berita harus benar-benar mengikuti kaidah jurnalistik. Beberapa contoh portal berita di Indonesia antara lain yaitu CNN Indonesia, kompas, merdeka, tempo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Blog

Blog dapat dikategorikan sebagai website pribadi. Pengertian website blog adalah media yang dapat digunakan untuk mempublikasikan pengalaman pribadi, opini, atau kisah perjalanan. Namun di zaman sekarang, blog tidak hanya berisi mengenai hal itu saja. Sudah mulai berkembang pesat menyajikan banyak informasi yang bermanfaat untuk banyak orang.

6. Website Forum/Komunitas Online

Website jenis ini membahas 1 topik atau banyak topik yang terhubung dalam satu jaringan. Pada website forum, pengunjung bisa saling bertanya kepada pengunjung lainnya seputar Konten yang telah diberikan. Salah satu contoh website forum adalah Kaskus yang sudah sangat populer.

7. Website Sekolah

Sesuai dengan namanya, website ini pasti dimiliki oleh sekolah baik tingkat dasar hingga tingkat menengah. Biasanya ditandai dengan menggunakan domain .sch.id. Ada banyak manfaat Website bagi sekolah, antara lain adalah sebagai media informasi, media pembelajaran, media promosi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apakah sekolah anda sudah punya website sendiri? Jika belum, saya sarankan untuk membuat karena banyak benefit yang bisa didapatkan.

8. Website Kampus

Apa itu website kampus? Seperti namanya, situs ini sudah pasti berfungsi untuk menampilkan informasi seputar kampus atau perguruan tinggi. Baik universitas, sekolah tinggi, politeknik, negeri, maupun swasta. Kampus biasanya menggunakan domain .ac.id pada websitenya.

Nah, Setelah Anda mengetahui pengertian dari website, Lantas bagaimana cara membuat website? Simak caranya pada artikel yang mengulas tentang Cara Lengkap Membuat Website.

Sejarah Website

Sejarah hadirnya website bermula ketika tahun 1991. Saat itu, Sir Timothy John Tim Berners-Lee menemukan website untuk pertama kalinya dan terhubung dengan jaringan. Adapun tujuan pertama pembuatan website pada saat itu adalah untuk memudahkan penukaran informasi dan memperbaharui informasi kepada para peneliti di tempat Timothy Bekerja.

Kemudian pada tanggal tanggal 30 April 1993, website sudah bisa digunakan dan diakses secara gratis oleh orang-orang di seluruh dunia. Tahun berganti tahun, perkembangan website semakin pesat saja dengan berbagai CMS seperti wordpress, blogger, dan jomla.

Nah, sekarang anda sudah tau kan apa itu website? Demikian informasi yang dapat saya sampaikan seputar pengertian, sejarah, dan macam-macam Website. Semoga bermanfaat dan selengkapnya tentang dunia website bisa anda pelajari di situs IstanaIT.com, terima kasih!

Jangan lupa dishare ya!

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan komentar

× Hubungi Kami